SATUAN ACARA
PENYULUHAN
(SAP)
(SAP)
Topik : Cara Mencuci Tangan Yang Benar dan
Sehat
Sasaran : Murid Kelas 3
SDN
07 Singkawang Barat
Jumlah : 24 Siswa
Hari/tanggal : Jumat, 16 Desember 2011
Waktu : 08.00 – 09.00 WIB
Jumlah : 24 Siswa
Hari/tanggal : Jumat, 16 Desember 2011
Waktu : 08.00 – 09.00 WIB
A.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti kegiatan
penyuluhan, adik-adik SD Negeri 07 Singkawang Barat mampu mengerti, memahami
dan dapat mempraktekan tentang cara mencuci tangan yang benar dan sehat.
B.
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran selama 20 menit tentang cara mencuci tangan yang benar dan sehat, adik-adik SD Negeri 07 Singkawang Barat dapat:
1. Menjelaskan pengertian mencuci tangan
2. Menyebutkan tujuan mencuci tangan
3. Menjelaskan kapan waktu mencuci tangan
4. Menyebutkan alat-alat yang diperlukan dalam mencuci tangan
5. Mendemonstrasikan cara mencuci tangan yang benar dan sehat
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran selama 20 menit tentang cara mencuci tangan yang benar dan sehat, adik-adik SD Negeri 07 Singkawang Barat dapat:
1. Menjelaskan pengertian mencuci tangan
2. Menyebutkan tujuan mencuci tangan
3. Menjelaskan kapan waktu mencuci tangan
4. Menyebutkan alat-alat yang diperlukan dalam mencuci tangan
5. Mendemonstrasikan cara mencuci tangan yang benar dan sehat
C.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian mencuci tangan yang benar dan sehat
2. Tujuan mencuci tangan
3. Waktu untuk mencuci tangan
4. Alat-alat yang diperlukan dalam mencuci tangan yang benar dan bersih
5. Prosedur tindakan mencuci tangan yang benar dan bersih
1. Pengertian mencuci tangan yang benar dan sehat
2. Tujuan mencuci tangan
3. Waktu untuk mencuci tangan
4. Alat-alat yang diperlukan dalam mencuci tangan yang benar dan bersih
5. Prosedur tindakan mencuci tangan yang benar dan bersih
D.
Metode Penyuluhan
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Demonstrasi
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Demonstrasi
E.
Media
1. Laptop dan proyekter
2. Alat-alat yang diperlukan (sabun cair ataupun padat, air mengalir, lap tangan)
1. Laptop dan proyekter
2. Alat-alat yang diperlukan (sabun cair ataupun padat, air mengalir, lap tangan)
3. Gambar
F.
Kegiatan Penyuluhan
No
|
Waktu
|
Uraian
Kegiatan
|
Kegiatan
Penyuluhan
|
Kegiatan
Murid
|
1
2
3
4
5
|
5
menit
20
menit
10
menit
20
menit
5
menit
|
Pendahuluan
Penjelasan
Materi
Evaluasi
Demonstrasi
Penutup
|
Memperkenalkan
diri dan menjelaskan tujuan
Menjelaskan
materi
Tanya
jawab
Mendemontrasikan
cara Cuci tangan yang baik dan benar
Menyimpulkan
|
Mendengarkan
dan memperhatikan
Mendengarkan
· Bertanya
· Mempraktekkan
cara mencuci tangan yang baik dan benar
Memperhatikan
|
G.
Metode Evaluasi
1. Evaluasi Struktur
Waktu untuk mulai acara, persiapan alat, persiapan media, kelengkapan jumlah mahasiswa, kelengkapan alat yang akan digunakan.
Waktu untuk mulai acara, persiapan alat, persiapan media, kelengkapan jumlah mahasiswa, kelengkapan alat yang akan digunakan.
2. Evaluasi Proses
Bagaimana berlangsungnya proses penyuluhan, ada hambatan atau tidak ada hambatan, keaktifan murid saat proses penyuluhan, tanya jawab bisa hidup atau tidak
Bagaimana berlangsungnya proses penyuluhan, ada hambatan atau tidak ada hambatan, keaktifan murid saat proses penyuluhan, tanya jawab bisa hidup atau tidak
3. Evaluasi Hasil
a) Dengan memberikan pertanyaan secara lisan
1). Jelaskan pengertian mencuci tangan
2). Jelaskan tujuan mencuci tangan
3). Jelaskan kapan waktu untuk mencuci tangan
b) Salah satu murid maju untuk mempraktekkan mencuci tangan yang benar dan sehat
a) Dengan memberikan pertanyaan secara lisan
1). Jelaskan pengertian mencuci tangan
2). Jelaskan tujuan mencuci tangan
3). Jelaskan kapan waktu untuk mencuci tangan
b) Salah satu murid maju untuk mempraktekkan mencuci tangan yang benar dan sehat
MATERI
MENCUCI TANGAN YANG BENAR DAN SEHAT
A.
Pengertian
Mencuci tangan adalah menggosok tangan dengan air dan sabun secara bersama-sama pada seluruh bagian permukaan kulit tangan dengan kuat dan ringkas kemudian dibilas dibawah aliran air.
Mencuci tangan adalah menggosok tangan dengan air dan sabun secara bersama-sama pada seluruh bagian permukaan kulit tangan dengan kuat dan ringkas kemudian dibilas dibawah aliran air.
B. Tujuan Mencuci Tangan
Mencuci tangan merupakan satu tehnik yang paling mendasar untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh.
Dimana tindakan ini dilakukan dengan tujuan:
1. Supaya tangan bersih
2. Membebaskan tangan dari kuman dan mikroorganisme
3. Menghindari masuknya kuman kedalam tubuh
Mencuci tangan merupakan satu tehnik yang paling mendasar untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh.
Dimana tindakan ini dilakukan dengan tujuan:
1. Supaya tangan bersih
2. Membebaskan tangan dari kuman dan mikroorganisme
3. Menghindari masuknya kuman kedalam tubuh
C.
Bagi setiap orang, mencuci tangan adalah satu tindakan
yang takkan lepas kapanpun. Karena merupakan proteksi diri terhadap lingkungan
luar. Nah sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk melakukan cuci tangan?
1. Sebelum dan sesudah makan
Untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh saat kita makan
Untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh saat kita makan
2. Setelah buang air besar
Besar kemungkinan tinja masih tertempel di tangan, sehingga diharuskan untuk mencuci tangan
Besar kemungkinan tinja masih tertempel di tangan, sehingga diharuskan untuk mencuci tangan
3. Setelah bermain
Kebiasaan anak kecil adalah bermain ditempat yang kotor.Seperti tanah. Dimana kita tahu bahwa banyak sekali kuman didalam tanah, jadi selesai bermain harus mencuci tangan supaya kuman dari tanah hilang dan tidak menempel ditangan.
Kebiasaan anak kecil adalah bermain ditempat yang kotor.Seperti tanah. Dimana kita tahu bahwa banyak sekali kuman didalam tanah, jadi selesai bermain harus mencuci tangan supaya kuman dari tanah hilang dan tidak menempel ditangan.
4. Sebelum dan sesudah
melakukan tindakan
Bagi adik-adik mencuci tangan ini juga bisa dilakukan sebelum dan sesudah belajar, sebelum dan sesudah bangun tidur dan sesudah melakukan kegiatan yang lain.
Bagi adik-adik mencuci tangan ini juga bisa dilakukan sebelum dan sesudah belajar, sebelum dan sesudah bangun tidur dan sesudah melakukan kegiatan yang lain.
D.
Langkah-langkah dalam mencuci tangan
Langkah-langkah dalam melakukan cuci tangan yang benar dan sehat adalah
Langkah-langkah dalam melakukan cuci tangan yang benar dan sehat adalah
1. Gulung lengan baju sampai
atas pergelangan tangan ,lepaskan cincin, jam tangan dan perhiasan tangan lain
2. Basahi tangan sampai sepertiga lengan dibawah
air mengalir
3. Ambil sabun cair kira-kira
5 ml,ratakan pada tangan yang telah dibasahi
4. Gosok bagian telapak tangan
dengan telapak tangan satunya
5. Masukan jari-jari tangan
kanan ke sela-sela jari-jari tangan kiri
6. Pindahkan telapak tangan
kanan ke punggung tangan kiri gosokan, tanpa saling melepaskan lalu masukan
jari-jari tangan kanan ke sela-sela tangan kiri. Lakukan pada tangan yang sama.
7. Lakukan penggosokan
kuku-kuku
8. Bersihkan jempol tangan
kanan dengan menggegamnya dengan tangan kiri lalu diputar-putar, lakukan pada
tangan yang satunya.
9. Kadang perlu menggosok garis telapak tangan
10. Bersihkan dengan air
mengalir lalu keringkan.
Evaluasi Kegiatan
1.
Evaluasi Struktur
Acara penyuluhan di mulai pukul 08.00 WIB. Diikuti sebanyak 24 orang siswa dari kelas 3 SDN 07 Singkawang Barat. Persiapan alat untuk praktek (sabun, handuk, ember, & ember berkeran yang berisi air bersih) & penyampaian materi (laptop, LCD, layar, microphone, sound) telah panitia siapkan dengan lengkap bekerjasama dengan pihak sekolah. Kemudian dalam penyampaian materi panitia telah mempersiapkan media berupa slide Powerpoint, lagu, & video tentang mencuci tangan.
Acara penyuluhan di mulai pukul 08.00 WIB. Diikuti sebanyak 24 orang siswa dari kelas 3 SDN 07 Singkawang Barat. Persiapan alat untuk praktek (sabun, handuk, ember, & ember berkeran yang berisi air bersih) & penyampaian materi (laptop, LCD, layar, microphone, sound) telah panitia siapkan dengan lengkap bekerjasama dengan pihak sekolah. Kemudian dalam penyampaian materi panitia telah mempersiapkan media berupa slide Powerpoint, lagu, & video tentang mencuci tangan.
2. Evaluasi Proses
proses penyuluhan berlangsung cukup lancar, tidak ada hambatan yang terlalu besar karena murid-murid cukup antusias mengikuti acara penyuluhan. Ketika proses tanya jawab, murid-murid dapat menjawab pertanyaan dengan baik dari pemateri.
proses penyuluhan berlangsung cukup lancar, tidak ada hambatan yang terlalu besar karena murid-murid cukup antusias mengikuti acara penyuluhan. Ketika proses tanya jawab, murid-murid dapat menjawab pertanyaan dengan baik dari pemateri.
- Murid-murid dapat menjawab pertanyaan secara lisan yang telah diberikan, berupa:
1). Jelaskan pengertian mencuci tangan
2). Jelaskan tujuan mencuci tangan
3). Jelaskan kapan waktu untuk mencuci tangan
- Salah satu murid maju untuk mempraktekkan mencuci tangan yang baik & benar
No comments:
Post a Comment