Wednesday, May 11, 2016

Contoh Soal Uji Kompetensi Keperawatan



CONTOH SOAL

1.    Tn. A di bawa ke IGD oleh Polisi karena kecelakaan dalam keadaan sadar. Tekanan darah pada saat datang k IGD 100/80 mmHg, Nadi 90 kali/menit dan RR 20 kali permenit. Pasien merintih dan mengatakan sakit pada kaki sebelah kiri. Saat di cek terdapat fraktur tebuka dengan perdarahan pada paha sebelah kiri. Apa tindakan yang pertama kali dilakukan perawat untuk menghentikan perdarahan yang terjadi pada Tn. A ?
a.       Menekan bagian tulang yang tampak dari luar.
b.      Menekan bagian luka tetapi tidak menekan daerah tulang yang tampak.
c.       Mengembalikan posisi tulang ke posisi semula
d.      Melakukan hecting pada daerah luka
e.       Mengikat kencang dengan torniquet di atas daerah luka untuk menghentikan perdarahan.

2.    Ny. C datang ke rumah sakit dalam keadaan sadar, mengatakan kepala nya sangat pusing, nyeri dada sebelah  kiri dan mual. Tidak terdapat luka dan jejas pada tubuh pasien. Hasil pemeriksaan vital signs TD : 190/100 mmHg, Nadi 65 kali per menit, RR 24 kali permenit. Apa tindakan yang pertamakali dilakukan perawat ?
a.       Memasang IV line 2 jalur
b.      Memberikan ventilasi menggunakan BVM
c.       Memberikan posisi semifowler
d.      Memberikan O2 4 L melalui nasal kanul
e.       Memiringkan pasien untuk mencegah aspirasi

3.    Ny. H berusia 28 tahun di rawat di RS dengan diagnosa medis diare. Pasien mengatakan ia BAB > 10 kali sehari dan tidak nafsu makan. Pasien terlihat pucat, mukosa mulut kering. Hasil pemeriksaan vital signs TD 120/70 mmHg, Suhu 39,4o C, Nadi 76 kali permenit dan RR 22 kali permenit. Apakah diagnosa keperawatan utama pada pasien tersebut ?
a.       Kekurangan volume cairan
b.      Hipertermi
c.       gangguan pola nutrisi
d.      gangguan eliminasi
e.       kerusakan integritas kulit

4.    Seorang laki-laki tiba-tiba jatuh di depan ruang informasi Rumah Sakit. Laki-laki tersebut berusia sekitar 56 tahun. Saat di bawa ke IGD, pasien mengalami penurunan kesadaran, tidak merespon saat di panggil, tidak merespon saat dirangsang nyeri. Perawat melakukan pemeriksaan CAB. Nadi karotis teraba, terdengar suara gurgling pada jalan napas. Apa tindakan yang dilakukan perawat ?
a.       Melakukan pemasangan OPA
b.      Melakukan pemasangan NPA
c.       Melakukan helmich manuver
d.      Melakukan suction
e.       Memberikan O2 4 L melalui nasal kanul

5.    Seorang laki-laki di Rawat di RS karena terjatuh dari tangga 3 bulan yang lalu. Sekarang pasien tidak bisa berjalan dan tidak bisa menggerakkan ekstremitas bawahnya. TD : 160/90 mmHg, RR 20 kali permenit, Nadi 78 kali permenit, suhu 37,3oC. Tindakan keperawatan mandiri yang dapat dilakukan perawat adalah
a.    Pemberian cairan IV
b.    Memandikan pasien’
c.    Memberikan ROM pada pasien
d.   Mengajarkan pasien untuk mnggunakan alat bantu mobilisasi
e.    Membantu pasien untuk memenuhi kebutuhannya

4 comments: